Piagam Lindu

lindu-27-28-dec-07-205.jpgMasyarakat Dataran Lindu mendeklarasikan Kecamatan Lindu sebagai Kecamatan Khusus Konservasi. Hal ini dilakukan bersamaan dengan peresmian Kecamatan Lindu sebagai kecamatan baru pemekaran wilayah Kecamatan Kulawi pada 28 Desember 2007.
Piagam Lindu, demikian nama deklarasi yang menyatakan Kecamatan Lindu sebagai Kecamatan Khusus Konservasi itu dibacakan Bapak Sapri, seorang guru SD di Desa Tomado-Lindu yang juga pengurus harian Lembaga Adat Dataran Lindu. Pembacaan diteruskan dengan penandatanganan Piagam Lindu oleh pihak Lembaga Adat Dataran, Majelis Adat Kulawi, Camat Lindu dan Camat Kulawi, serta mengetahui Bupati Donggala Drs. H. Habir Ponulele, MM.

Piagam lindu adalah pernyataan masyarakat Lindu mengenai komitmen mereka dalam menjaga kelestarian Sumber Daya Alam di ilayah Lindu , termasuk Danau Lindu dan Hutan Taman Nasional Lore Lindu yang mengelilingi dataran seluas kurang lebih 11.000 Ha demi tercapainya tujuan pembangunan nasional/masyarakat secara berkelanjutan di Kecamatan Lindu. Masyarakat Lindu menyatakan sepakat memberlakukan Kesepakatan Konservasi Masyarakat (KKM), Kesepakatan Bersama Masyarakat Adat Dataran Lindu tentang Pengelolaan Sumber Daya Danau Lindu dan Kapotia Nulibu Todea Ada To Lindu sebagai bagian dari aturan/ hukum untuk pengelolaan sumber daya alam dan pembangunan masyarakat di Kecamatan Lindu. Dengan demikian tujuan pemekaran Lindu menjadi sebuah kecamatan diharapkan memberi ruang bagi efektivitas pelestarian Sumber Daya Alam di dalamnya bukan sebaliknya pembenaran atas eksplorasi Sumber Daya Alam Lindu seperti yang disampaikan Bapak B. Gesadombu, salah satu anggota Lembaga Adat Dataran Lindu “Kami setuju Lindu dimekarkan jadi kecamatan karena kami ingin penanganan pengrusakan kelestarian alam di Lindu ini menjadi lebih baik dari sebelumnya”

2 pemikiran pada “Piagam Lindu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s