Tips gaya hidup hijau

Setiap orang punya kesempatan dan peluang yang sama untuk berperilaku gaya hidup “hijau”, tinggal pertanyaannya mau memulai ”Kapan”?”Kapan lagi”?

  1. Tanam pohon di halaman rumah. Pohon besar dapat menahan angin keras, panas matahari langsung, dan menyerap emisi karbon. Sebisa mungkin pilih yang sedikit menyerap air.
  2. Batasi penggunaan kertas. Mau nge-print? Cetak bolak balik. Atau, gunakan kertas bekas yang salah satu sisinya masih kosong. Makin banyak kertas atau tisu dipakai, makin banyak pohon ditebang.
  3. Beli sekaligus banyak. Anda tidak membutuhkan bungkus banyak-banyak juga. Lebih sedikit energi? Pasti. “NO PLASTIC BAGS, please!”
  4. Organik? Why not? Gunakan Pupuk Organik dan beli produk organik. Pupuk organik tidak mematikan mikroorganisme yang menahan karbon tetap di dalam tanah sehingga tanah subur secara alami.
  5. Konsumsi makanan lokal. Jika produk makanan ini tak perlu didistribusikan dalam jarak jauh berarti lebih sedikit CO2 yang dikeluarkan dari mobil pengangkutnya.
  6. Beli satu jenis produk, bukan dua atau lebih produk yang sama. Semisal, Anda hanya butuh sepasang sepatu, bukan dua atau tiga pasang sepatu dalam satu waktu.
  7. Sebelum membeli barang, cek apakah terdapat logo daur ulang yang menunjukkan bahwa produk itu dapat didaur ulang.
  8. Buka-buka lemari pakaian Anda. Berapa banyak yang tak terpakai? Pilih dibiarkan saja atau sumbangkan kepada orang lain yang lebih butuh?
  9. Beli produk berkualitas yang tahan lama. Anda akan lebih sedikit membeli barang.
  10. Kreatif dengan barang-barang yang Anda gunakan untuk bekerja, bermain, dan bersenang-senang. Tak perlu membeli produk baru untuk memulai aktivitas. Gunakan yang Anda punya dengan kreatif.

Terakhir, yang paling simpel dan penting, buang sampah pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s