Alang-alang disulap jadi hutan Leda

leda-lokalMasyarakat Desa Betue di Kecamatan Lore Peore, memang patut berbangga dengan keberhasilan inisiatif mereka. Kebun desa seluas 2 hektar yang terletak di tepi jalan Napu Besoa dan dulunya hanya ditumbuhi semak dan alang-alang itu itu kini mulai menampakkan hasil. Dari perkiraan Bapak Mikel Mappa, Ketua LKD Betue, di Betue sekarang setidaknya ada 10.000 pohon Leda yang telah dibudidayakan masyarakat di pinggiran kebun dan lahan lainnya.

Sebelumnya masyarakat desa Betue terbiasa mengambil semua kebutuhan kayunya di hutan Lore Lindu jauh sebelum kawasan itu ditetapkan sebagai taman nasional. Bagaimana tidak, hutan dan tempat mereka hidup cukup dekat sementara kebutuhan mereka akan kayu juga harus dipenuhi.

Sejak tahun 2003 paradigma itu berubah. Masyarakat telah memiliki kesepakatan untuk tidak mengambil kayu di hutan Lore Lindu. Mereka sadar pengambilan kayu di dalam Taman Nasional Lore Lindu akan berakibat buruk bagi kehidupan mereka dan anak cucu mereka beberapa tahun mendatang, sebut saja mata air yang alirannya makin kecil atau banjir yang siap meluluhlantakkan desa mereka kapan saja jika tak ada upaya mencegahnya sedini mungkin. Sebagai kompensasinya mereka menanam tanaman kayu di halaman mereka dan kebun desa yang hingga kini telah ditanami 1000 pohon Eucalyptus deglupta atau yang biasa mereka sebut dengan leda.

Selain ditanami pohon kayu, kebun desa Betue juga ditanami pandan yang hasilnya digunakan para ibu sebagai bahan pengikat dan pembuatan tikar dalam skala pemenuhan kebutuhan rumah tangga. “Kami ingin sumber pandan tidak lagi harus dicari berkilo-kilo meter ke dalam hutan” ujar Ibu L. Benuku ketika ditanya alasan kelompok ibu-ibu di desa itu untuk mengambil bagian dalam kegiatan menanam pandan di kebun desa seluas 2 hektar itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s