menelusuri hutan mangrove di CA.Morowali

mangrove_1Hutan mangrove disini benar-benar rapat, nyaris tidak ada gangguan manusia atau kerusakan yang berarti. Buaya muara kadangkala dijumpai namun tidak diketahui jumlah pastinya. Jejeran akar-akar nafas menjelmakan dirinya kokoh tegak seakan benteng alam yang melindungi dari terjangan ombak. Penyu dan lumba-lumba sesekali terlihat memanfaatkan muara sungai Sumara mencari makan. Sungai payau ini berkelok-kelok dengan banyak percabangan seperti labirin minotaur. Hutan mangrove ini juga menjadi sarang dan tempat berlindung bagi ribuan kalong jenis Pteropus sp. Setiap sore dapat dilihat ribuan kelelawar terbang keluar mencari makan, memenuhi udara langit desa tambayoli yang terletak di belakang hutang mangrove ini.

Letak hutan mangrove berada di ujung sebelah barat Cagar Alam Morowali dan merupakan bagian muara dari sungai Sumara. Luas dari hutan mangrove berdasarkan interpretasi Citra Landsat seluas 1291,48 ha. Spesies tumbuhan yang menyusun ekosistem mangrove disini antara lain; Rhizophora sp, Bruguiera sp, Ceriops sp ,Pandan ( Pandanus sp),Nipah ( Nypa fruticans), dll.

bodi-boatSungai Sumara ini menjadi urat nadi perekonomian karena jalan darat dari kolonodale masih belum tembus. Hasil hutan seperti damar dan hasil pertanian padi diangkut dengan perahu dari desa melewati hutan mangrove ini ke kolonodale. Di samping fungsi alam terdapat juga fungsi ekonomis dari hutan mangrove ini, yaitu kepiting bakau dan daun nipah. Kepiting bakau menjadi tumpuan hidup bagi masyarakat di desa Tandoyondo dan Tamainusi. Kepiting ukuran besar kelas A, bisa dihargai Rp. 40.000,00 per kilonya di tingkat nelayan. Potensi kepiting bakau ini belum dikelola secara baik, sehingga hasil tangkapan masyarakat semakin lama semakin berkurang dan ukurannya kecil-kecil. Agaknya pola penangkapan yang tidak terkontrol menyebabkan penurunan populasi kepiting bakau (Scylla sp). Sedangkan daun nipah yang biasa tumbuh di pinggir-pinggir sungai berlumpur, biasa digunakan masyarakat sebagai atap rumbia yang mampu bertahan sampai tiga tahun.

###

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s