Situ Gintung akan di bangun lagi

Situ Gintung mendadak menjadi pemberitaan utama di hampir semua media massa nasional baik cetak maupun elektronik dalam dan luar negeri. Tentu tidak mengherankan, Kawasan seluas lebih dari 5 hektar itu menyebabkan banjir bandang yang merenggut nyawa banyak warga sekitarnya, terakhir 99 orang yang meninggal dunia dan mungkin masih akan bertambah. Pada tanggal 27 Maret 2009 dini hari, wilayah Situ Gintung mengalami hujan deras yang menyebabkan pihak keamanan memberikan peringatan bahaya banjir sekitar pukul 02.00. Namun demikian, tidak ada tindakan lanjut pengamanan, hingga terjadi kebobolan tanggul selebar 30 m dengan ketinggian 6 m pada sekitar pukul 04.00 WIB dan sekitar 2,1 juta meter kubik air melalui melanda pemukiman yang terletak di bawah tanggul.

Situ Gintung adalah danau kecil buatan yang terletak Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Lokasi danau ini berada di sebelah barat daya kota Jakarta. Danau seluas 21,4 ha (2008) ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman dan perairan. Situ ini dibuat antara tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 ha, berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dari kawasan perbukitan di sekitarnya. Kapasitas penyimpanannya mencapai 2,1 juta meter kubik. Situ ini adalah bagian dari Daerah Aliran Ci Sadane merupakan salah satu sungai utama Propinsi Banten dan Jawa Barat sumber berasal dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango di (Kabupaten Bogor, sebelah selatan Kabupaten Tangerang) yang mengalir ke Laut Jawa panjang sungai ini sekitar 80 km dan bendungan aliran Kali Pesanggrahan. Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 ha yang bernama Pulau Situ Gintung beserta hutan tanaman yang berada sekitarnya.

Semenjak tahun 1970-an kawasan pulau dan salah satu tepi Situ Gintung dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam dan perairan. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, membuat lokasi ini banyak dipilih kantor-kantor untuk mengadakan gathering. Bahkan Anda bisa datang untuk sekadar berolahraga seperti renang dan tenis di tempat yang pemandangannya tidak kalah dari kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat itu. Setiap hari libur, lokasi yang dikelilingi Danau Situ Gintung ini selalu dipadati warga Jakarta yang ingin melepaskan penat. Karena pemandangan yang indah, beberapa rumah produksi juga sering menggunakan kawasan ini untuk syuting video klip, iklan ataupun sinetron. Maka tidak heran jika Anda ke tempat ini, sering bertemu artis-artis.

Tanggul Situ Gintung Akan Dibangun Kembali
Pemerintah memastikan akan melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi terhadap tanggul Situ Gintung, Tangerang, Banten yang jebol. Bangunan tanggul baru itu nanti akan menggunakan konstruksi yang lebih kuat sehingga aman bagi warga sekitar.
“Tanggul yang jebol akan kita bangun kembali. Kita pikirkan bagaimana nanti kontruksinya,” kata Presiden SBY di sela peninjauannya ke lokasi bencana di Cirendeu, Jumat (27/3).

Tanggul Situ Gintung akan diperbaiki menyusul jebolnya salah satu bagian tanggul danau yang terletak di Cirendeu, Tangerang, tersebut. Ahli dari Jepang pun dipanggil.
“Ini ada ahli dari Jepang saya panggil langsung.Untuk menghindari terjadinya longsor susulan, lanjut Djoko, tanggul akan dipasangi pelindung tebing berbahan baku utama batu. “Itu dari batu yang akan mengganjal lonsoran-longsoran,” jelasnya.
Namun, menurutnya, perbaikan danau Situ Gintung tidak bersifat darurat. Lahan di sekitar danau juga akan dikonservasi kembali.“Langkah-langkah sejauh ini menyangkut masalah teknis tidak ada masalah. konservasi lahan sekitar akan kita perbaiki,” pungkasnya.

###

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s