Permainan alam untuk berbagi inspirasi

1. Menyanyikan Lagu-lagu yang relevan

2. Menggambar Obyek atau Pemandangan yang Paling Menarik

Setiap peserta diminta untuk menggambar obyek/ pemandangan yang dianggap paling menarik. Selesai menggambar, masing-masing anak diminta menceritakan makna gambarnya. Fasilitator kemudian menggiring peserta untuk mengingat kembali pengalaman-pengalaman yang telah mereka peroleh sekaligus mengingatkan peserta tentang beberapa materi penting dengan bahasa yang sesuai dengan usia peserta.

3. Meditasi

Para peserta diminta untuk beristirahat di tempat-tempat yang memungkinkan mereka untuk merenung dan menelaah kembali pengalaman dan pelajaran yang telah mereka peroleh. Masing-masing peserta diminta memilih tempat terpisah yang cukup baik untuk melakukan meditasi (di bawah pohon, di atas percabangan pohon, dan lain-lain).

4. Berbagi Pengalaman dan Inspirasi

Setelah melakukan meditasi selama 5-10 menit, peserta diminta berkumpul dan duduk melingkar, lalu fasilitator memimpin aktivitas berbagi pengalaman dan inspirasi. Fasilitator dapat membantu peserta untuk mengemukakan apa saja yang mereka rasakan dan pikirkan.

5. 5. Menulis Puisi

Permainan ini membutuhkan kertas besar untuk menuliskan puisi. Peserta diminta membuat kelompok yang terdiri dari 5 orang. Tiap-tiap kelompok akan membuat puisi tentang alam. Orang pertama akan membuat satu kalimat puisi. Kalimat puisi tersebut kemudian diteruskan oleh orang kedua yang menuliskan satu kalimat puisi dan orang tersebut juga membuat satu kalimat puisi yang sama sekali tidak berhubungan dengan kalimat puisi di atasnya. Lalu kertas diberikan ke orang berikutnya yang akan menuliskan sambungan kalimat puisi yang ada di atasnya. Pada saat menulis, kalimat puisi yang tidak berhubungan dengan kalimat puisi yang akan ditulis tidak boleh sampai terlihat oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s