Tanah dikeruk bawa ke negeri Cina

kapalnickelKabupaten Morowali yang ada di Sulwesi Tengah ini kaya nickel dan bahan tambang lain, tapi semua sudah habis dijual ke perbagai perusahaan.   Surat ijin Kuasa Pertambangan (KP) Bertebaran dimana-mana. Tak kurang 163 KP yang diterbitkan oleh Bupati Morowali jamannya Datlin Tamalagi.
Terlihat buldoser kuning bergerak perlahan tapi pasti memecah perbukitan di pinggir teluk tomori yang indah.  Pemandangan hutan  gundul kini  mulai  nampak, pohon-pohon ditebang habis  untuk tambang terbuka.  Kapal-kapal pengangkut tanah merah yang kaya nickel dan mineral ikutannya datang dan pergi.  Kisah-kisah kesengsaraan derita masyarakat sekitar tambang mulai muncul.  Saat sebuah perusahaan asal cina membayar ganti rugi kepada masyarakat desa Ganda-Ganda  Morowali, sekitar 1-2 tahun lalu, dealer motor kewalahan melayani permintaan motor yang mendadak meningkat drastis.  Tanah sudah dijual  mau apa lagi, motor dan benda konsumtif lain yang dibeli tahun lalu kini pun siap dijual untuk makan sehari-hari, ironis memang… Di lain sisi Kabupaten Morowali juga menyandang gelar kabupaten terkorup di Indonesia, dan juga menjadi salah satu daerah rawan pangan. Mmmh…cocok mi…

Sayangnya, perusahaan tambang dari cina ini hanya mengangkut tanah Morowali saja untuk di olah di Cina sana. Tidak ada pabrik yang dibangun, tidak ada roda peningkatan perekonomian yang dibawa perusahaan2 ini.  Bayangan kota mereka akan maju dan ramai seperti Sorowako mungkin tidak akan nyata.  Yang mungkin ada ke depan hanyalah banjir dan tanah longsor lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s