Mempersiapkan Kegiatan Outbond

Pada dasarnya untuk mengadakan kegiatan out bond diperlukan persiapan yang tingkat kerumitannya tergantung dengan jenis apa dari permaianan out bond yang akan dilakukan. Pasalnya, prinsip dasar kegiatan out bond adalah pendidikan, kegembiraan, dan keselamatan.
Saya yakin semua yang akan melakukan kegiatan out bond pasti memuat unsur pendidikan yang rekreatif atau menggembirakan. Namun, bagaimana dengan manajemen keselamatankegaitannya? Sekali lagi, saya tegaskan apapun kegiatannya jangan melupakan unsur keselamatan meskipun itu kegaitan yang bersifat menantang peserta seperti jelajah alam, raveling, susur sungai, dll. …..
Maka yang perlu dipersiapkan adalah :
1. Sadari bahwa out bon ini adalah bagian dari pendidikan, dan pendidikan pasti mengedepankan keselamatan anak didik sebagai aset bangsa kelak. Bagaimana bisa didapat unsur edu-rekreatifnya jika ada salah satu peserta mengalami kesedihan? Dan siapa yang kelak mereka melakukan manfaat game apabila mengenangnya dengan buruk?
2. Siapkan perelatan yang safety jika perlu konsultasikan dengan yang ahli. Biasanya game yang memputuhkan pertimbangan ini adalah game-game yang bersifat tantangan atau menguji mental. Semisal panjat tebing, raveling, meniti tali, susur sungai, dll semua memilikiunsur ketinggian dan tantangan alam. Untuk yang ahli biasanya pada game raveling, panjat tebing, dan sejenisnya sebab untuk game ini butuh alat-alat khusus yang biasanya dimiliki tim out bond yang berpengalaman.
3. Jangan lupakan keamanan dari gangguan sosial. Terkadang medan yang sepi memancingorang yang tidak bertanggungjawab mengganggu acara anda.
Semoga ini bermanfaat, untuk lebih lanjutnya bisa menghubungi tim out bond terdekat di kota anda apabila memang memerlukannya. Biayanya tidak begitu mahal kok, tergantung tingkat kesulitan dan berapa jenis game yang anda lakukan. Biasanya di tempat-tempat wisata alam terdapat tim-tim ini anda bisa menanyakan ke dinas yang terkait.
Out bond bisa menjadi salah satu tools untuk memotivasi. Dengan karakteristiknya yang unik membuat peserta sangat menyukainya. Pada dasarnya yang dibangun adalah insight peserta melalui permainan yang aplikatif, terstruktur, dan terarah maka diharapkan menuai hasil yang sudah kita rencanakan.
Pada tulisan saya yang pertama, hanya menyajikan macam game yang pernah kami lakukan dalam out bond untuk membangun life skill siswa.
1. Dragon Ball ; kami gunakan untuk membangun kerjasama tim, ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul. Tim tidak dapat berangkat sebelum menemukan kelereng yang kami masukkan dalam kubangan lumpur, jumlah bebas, umumnya kami gunakan 5 buah dari 20 yang kami masukkan, itu pun sudah sangat sulit. Anda bisa membaca emosi tim peserta lho! Game ini juga bisa dilakukan untuk menghambat waktu.
2. Botol Bocor ; ini juga termasuk tim work dan kreatifitas. Berikan intruksi yang sederhana saja biarkan peserta berfikir bagaimana menggunakan anggota tubuhnya masing masing untuk mengisi sekaligus menutupi yang bocor. Tidak perlu pipa, plastik air mineral 1,5 lt sudah bisa kok, caranya lobangi saja 15-20 titik atau secukupnya tergantung berapa tim.
3. Jaring bola ; ini termasuk tim work dan kreatifitas. Bedanya mereka menangkap bola dengan jaring dari rafia (yang kekerapan jaring tidak merata) di arus air. Keceriaan bermain air akan tampak di permaianan ini.
4. Gembala sapi ; ini termasuk leadership dan kepercayaan tim. Gembala menjadi pemimpin dan anak buahnya harus patuh sekaligus percaya kepada ketua untuk menyelesaikan misi.
Anda bisa memodifikasi aturan, semisal apabila waktu menuntut maka biarlah mereka menyelesaikan misi tetapi ada waktunya, apabila gagal beri hukuman yang menarik semisal membawa balon dengan air sampai selesai.
Untuk game ketangkasan dan keberanian, yaitu jenis permaianan ini membutuhkan peraltan yang cukup daan orang yang ahli Rafling dan Flying fox , jangan memaksakan apabila perangkat keselamatan kurang memadai dan tidak ada yang ahli. Permaianan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian untuk menghadapi masalah, ini cocok untuk anak-anak yang takut mengambil keputusan.


Source: http://qodrat.wordpress.com/

Satu pemikiran pada “Mempersiapkan Kegiatan Outbond

  1. mohon bantuannya mengenai rincian standart keamanan kegiatan outbond seperti flying fox, jembatan gantung, arung jeram dan lainnya itu apa saja ya…terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s