Kota Palu Sulawesi Tengah

pantai-paluKota Palu yang berpenduduk hampir 400.000 jiwa ini terletak di tepi teluk Palu yang sempat terkenal dengan wisata divingnya namun kini sudah banyak area yang rusak kena bom.

Resmi berdiri tahun 1978, melalui PP nomor 18 Kota Palu ditetapkan menjadi Kota Administratif dan selanjutnya melalui UU Nomor 4 tahun 1994 berubah status menjadi Kotamadya Dati II Palu dengan Wilayah Kota Administratif Palu dan sebagian Wilayah Kecamatan Tavaili.

Saat ini Wilayah Kota Palu terdiri atas empat Kecamatan yaitu :

  1. Kecamatan Palu Utara
  2. Kecamatan Palu Timur
  3. Kecamatan Palu Barat
  4. Kecamatan Palu Selatan

Uniknya bila kita mau jalan-jalan di kota palu dengan angkot, tidak ada trayek yang pasti, setiap angkot dapat saja mengantar penumpang ke mana saja sepanjang supir angkot berkenan. Mungkin karena itu, angkot tersebut disebut sebagai “Taksi” oleh warga Palu. Untuk ke desa yang jauh biasa ada mobil kijang yang mangkal di terminal, mobil-mobil angkutan kijang ini biasa disebut rental.

Jika Anda belum mencicipi Kaledo masakan khas di kota Palu, maka anda belumlah lengkap ke Palu. Makanan ini termasuk jenis masakan berkuah berwarna bening agak kekuning-kuningan dengan rasa yang sangat khas, yakni asem gurih dan pedas. Kekhasan kaledo ini terletak pada penggunaan bumbu asam Jawa. Asam Jawa yang digunakan adalah asam yang betul-betul masih muda. Untuk memperoleh konsentrat asam, kulit asam muda digerus bersama dagingnya. Jika menggunakan asam yang sudah tua, kuah kaledo tersebut akan berwarna kuning dan rasanya cenderung lebih manis.

Kalau malam hari tempat yang paling enak untuk nongkrong adalah di Pantai Talise dan pantai Taman Ria, apalagi kalau malam minggu pasti ramai sekali. Ratusan warung tenda berjejer dengan menu yang seragam jagung bakar, pisang gepe, roti bakar, sarabak, capucino dll tinggal pilih tempa saja.

2 pemikiran pada “Kota Palu Sulawesi Tengah

  1. 6 bulan diPalu terasa bagaikan satu detik
    Keindahan kota paling kusuka tampak dari bukit dibelakang PLN STQ
    Keramahan sapa masyarakat sangat khas
    semua hidangan diatas sudah kunikmati, dan memang membuat aku rindu kuliner Palu
    Talise…. sangat ku kenal dgn jagung bakar dan sarabak
    Taman Ria… sangat aku kenal dgn hidangan ikan bakar
    Waktu itu jembatan 3 (kuning) belum selsai
    aku rindu Palu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s