The Geometry of Chance

Saya suka mendengarkan lagunya sting yang harmoninya enak didengar  judulnya Shape of My Heart yang juga OST dari film Leon.  Jujur saja pertama mendengar lagunya, saya kira lagu itu bercerita tentang cinta atau sesuatu yang romantic, maklum cuma hapal reffnya itu pun bagian akhir di shape of my heart…. doang.    Namun setelah saya download liriknya ternyata sangat jauh dari dugaan saya.  Sting ternyata menuliskan lagu tentang asyiknya bermain kartu .  Orang yang suka main judi namun bukan mengejar uangnya atau juga rasa bangga karena menang judi, tapi karena seni .  Tentang seni kemungkinan, alias The art of possibilityThe sacred geometry of chance,The hidden law of probable outcome. Wow filosofis sekali si Sting ini.  Yaa pada dasarnya setiap waktu kita berjudi harus memilih jalan mana yang akan kita lalui.  Setiap jalan yang akan kita lalui ini kita tidak tahu bagaimana akhirnya, walaupun kita anggap benar pada saat sekarang.  Baru di kemudian hari kita menyadari  dan berandai-andai, seandainya saya dulu begini tentu tidak demikian jadinya saya saat ini….

Tentu saja untuk membuat pilihan yang tepat perlu sebuah intuisi tajam dari mata pisau kebijaksanaan.  Kebijaksanaan yang bisa diperoleh dari sebuah pemahaman akan pengalaman dan pengetahuan kita.   Intuisi kita memang harus diasah agar semakin tajam dalam bermain judi kehidupan, bermain the art of possibility.

Tinggalkan Balasan

