Pendidikan Lingkungan Melalui Mulok Konservasi di TN. Lore Lindu

KSM Lohena Wuasa, TNC-PALU OFFICE, BBTNLL serta UPTD Dikjar Kecamatan di daerah Lore berhasil menginisiasi penerapan mulok konservasi untuk tingkat sekolah dasar di 4 Kecamatan di sekitar Lore Lindu yakni di 26 Sekolah Dasar (SD). Mulok konservasi ini didasari atas peluang kebijakan pemerintah tentang penerapan kurikulum berbasis sekolah, dimana kurikulum yang diberlakukan menjadi otonomi sekolah dengan mempertimbangkan potensi daerahnya. Dimana pada masa sebelumnya penerapan muatan lokal terkendala oleh system pendidikan yang masih sentralistik. Adaptasi mulok pada level kecamatan memungkinkan para guru setempat mengajarkan tentang lingkungan sekitarnya pada para siswa.

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam mengembangkan sumberdaya manusia,termasuk pengembangan sumberdaya dalam bidang konservasi keanekaragaman hayati dan kehutanan. Pendidikan konservasi perlu dilakukan sejak dini karena situlah awal masyarakat diajak untuk dapat mengenal dan memahami pentingnya kelestarian alam sehingga dengan sendirinya akan timbul kesadaran, pola pikir dan sikap/tindakan positif terhadap alam terlebih untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan konservasi.

Dengan metode pre dan post survey, didapatkan nilai positif penerapan mulok ini bagi pengetahuan para siswa di sekitar TN Lore Lindu. seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Dari data diatas terdapat kenaikan pengetahuan dari adanya hutan Taman Nasional Lore Lindu sebesar 20.80% dari 50.0% menjadi 70.8% . Namun demikian masih ada siswa yang tidak tahu kalau ada Hutan Taman nasional Lore Lindu sebesar 20,40 %. Masih adanya siswa yang tidak tahu ini kemungkinan disebabkan kurangnya penyampaian guru pada siswa atau mulok masih belum diajarkan secara maksimal pada beberapa sekolah. Fakta di lapangan menunjukkan ada 3 mata pelajaran mulok yang disampaikan sekaligus pada siswa yaitu bahasa inggris, bahasa daerah dan mulok konservasi TNLL.

Untuk selengkapnya Download Disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s