Cara Mengunjungi Berbagai Obyek Wisata di TN. Lore Lindu

Beberapa waktu lalu penulis mendapatkan telepon dari seseorang yang berasal Sangata Kaltim.  Beliau dulu pernah berkunjung ke Lore Lindu tapi sudah 15 tahun yang lalu, dan berkeinginan untuk menjelajahi ujung-ujung Taman nasional  Lore Lindu saat liburan akhir tahun lalu. Karena sudah lama tidak pernah ke Sulawesi Tengah, beliau menelpon ke kantor penulis untuk mencari tahu bagaimana cara berkunjung ke berbagai tempat di Lore Lindu.   Berikut ini penulis berikan tips untuk berkunjung di berbagai tempat di Lore Lindu dari Kota Palu.  Karena Lore Lindu ini bentuknya memanjang dari utara ke selatan, ada dua jalan berbeda yang harus dilewati, yakni dari sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur.  Sampai saat ini belum ada jalan aspal yang tembus melingkari Taman Nasional Lore Lindu sehingga kita bisa memutarinya tanpa harus bolak balik.

A. Jalur Timur( Rute: Palu-Palolo-Napu-Besoa)

Beberapa Obyek Wisata di tempat ini antara lain:

1.  Obyek Wisata Megalith di Lembah Besoa(Kecamatan Lore Tengah kab. Poso)

2. Danau kalimpaa/Tambing

3. Puncak Nokilalaki (dari Kamarora Kecamatan Nokilalaki)

4. Puncak Rorekatimbu, Anaso, Puncak dingin

5. Wisata budaya Napu dan Besoa (Rumah adat, musik bambu, dll)

Cara yang paling mudah adalah dengan sewa mobil, yang banyak terdapat di Palu. Harganya sekitar 250-300 ribu, belum sopir yang perharinya 50ribu.   Kalau mau naik kendaraan umum harus mendaftar dulu di agen sinar kasih di Terminal Petobo Palu.  Ada mobil kijang yang ke Napu dan ke Besoa.

B.  Jalur Barat Rute: Palu-Dolo-Kulawi-Gimpu-(Bada)

Beberapa obyek Wisata:

1.  Kebun Obat di desa Pakuli

2. Penangkaran Maleo di Saluki dan Pakuli

3. Danau Lindu

4. Wisata Budaya Peninggalan Kerajaan Kulawi.

5. Sungai Lariang

6. Batu Megalith

Dari Palu Ke Kulawi atau ke Gimpu bisa naik kendaraan umum dari terminal Petobo Palu.   Namun penulis sarankan sewa mobil saja di Palu, banyak tempat yang menyediakan jasa sewa mobil, apalagi kalau rombongan.  Dari Gimpu, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan Ojek ke Lembah Bada sekitar 3-4 jam perjalanan dengan motor menyusuri tepian sungai Lariang dan menembus hutan Lore Lindu.    Kita bisa menginap di desa Tuare, ada penginapan kecil nan asri milik mantan Kepala Desa Tuare.  Di Lembah Bada ini banyak situs megalith, dan yang paling besar adalah batu Palindo.  Kemudian dari Lembah Bada perjalanan bisa dilanjutkan lagi dengan mobil umum ke arah Tentena mengunjungi Danau Poso.

Satu pemikiran pada “Cara Mengunjungi Berbagai Obyek Wisata di TN. Lore Lindu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s