Ayam Ketawa Sulawesi

Ayam Ketawa di Palu

Lomba Ayam Ketawa Di Taman GOR Palu

Menilik fisiknya, Ayam dari Sidrap Sulawesi Selatan ini mirip dengan ayam kampung atau ayam hutan.  Ayam yang mulai naik daun ini merupakan variasi genetik domestikasi ayam hutan merah Sulawesi.  Suaranya yang patah-patah dan mirip orang ketawa menjadikan banyak orang yang jatuh cinta pada ayam ini.  Bahkan harganya juga terbilang mahal hingga puluhan jutaan rupiah.

Menurut penelitian para ilmuwan dari berbagai lembaga penelitian dan Universitas  di Indonesia, menunjukkan bahwa ayam lokal Indonesia kaya akan keragaman genetik dan ini sangat berbeda dengan ayam lokal di negera dan kawasan lain di dunia.  S.Iskandar dan T. Sartika dari Balai Penelitian Ternak, Bogor, telah mengambil kesimpulan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari tiga pusat domestikasi di dunia.  Ayam domestikasi di Indonesia berasal dari satu nenek moyang, yakni ayam hutan merah Gallus gallus (red junglefowl).

Ayam lokal yang ada di berbagai belahan dunia ini berasal dari ayam hutan yang seluruhnya terdiri dari empat spesies. Yakni ayam hutan merah/red junglefowl (Gallus gallus), ayam hutan abu-abu/grey junglefowl (Gallus sonnerati), ayam hutan India/ayam hutan Sri Lanka/junglefowl (Gallus lafayetii), dan ayam hutan hijau/green junglefowl (Gallus varius). Yang disebut terakhir hanya ada di Indonesia dan dijadikan silangan Induk dari ayam Bekisar. Sedangkan ketiga spesies lainnya didomestikasi untuk memperoleh daging dan telurnya.

5 pemikiran pada “Ayam Ketawa Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s