Budidaya Lebah Madu Pak Markus di Kabupaten Sigi

Penangkaran lebah madu lokal

lokasi peternakan lebah madu Pak Markus

Begitu memasuki lokasi penangkaran lebah madu milik pak Markus yang ada di Kecamatan Biromaru kabupaten Sigi ini, nampak puluhan kotak lebah madu berjejer dibawah pohon kelapa.  Kurang lebih ada 80an stup lebah yang berada di kebunnya yang tidak terlalu luas.  Untuk mencapai lokasi peternakan lebah madu miliknya cukup mudah, kalau dari Palu setelah melewati pompa bensin Biromaru, belok kanan kira-kira 1,5 km melewati jalan yang di pinggirnya ada saluan irigasi. Tinggal tanya saja ke penduduk sekitar dimana tempat pastinya.  Dia juga melatih warga sekitar untuk budidaya lebah madu ini.

Lebah dipindahkan dari stup penangkap koloni ke stup budidaya

Lebah madu yang ditangkarkan pak Markus ini berasal lebah liar yang ditangkap secara alami dengan menggunakan kotak-kotak penangkap koloni lebah yang terbuat dari kayu kelapa.  Bentuk perangkap lebah ini mirip dengan stup lebah biasa namun ukurannya lebih kecil.  Setelah terbiasa dengan kotak perangkap ini baru kemudian dipindah ke stup yang lebih besar, begitu penjelasan dari Pak Markus.  Jika langsung ditangkap paksa dari alam bisa mengakibatkan ratu lebah stress dan mati, dan untuk menangkap ratunya harus seorang yang sudah ahli dan berpengalaman.  Dengan metode dari pak markus ini dijamin lebah yang sudah berpindah dengan sendirinya ke kotak penangkap koloni tidak stress dan tidak akan lari dari kotaknya.

cara panen madu

sesudah sarang yang berisi madu diiris, sarang diletakkan kembali pada sisir ditopang dengan karet gelang

Stup lebah dari pak markus ini bukan stup super alias stup bertingkat, karena lebahnya sendiri merupakan lebah lokal.   Madu dipanen tiap 21 hari sekali untuk tiap stup, dan setiap pemanenan dia selalu catat tanggalnya agar madu tidak dipanen terlalu cepat atau lebih lambat masa panennya.  Karena madu ada di bagian atas sisir(freem) , setelah diiris madunya sarang kembali diletakkan pada sisir tempatnya semula dan ditahan dengan karet gelang agar tidak rubuh.   Hal ini dilakukan agar koloni tidak berkurang, dan dengan cepat lebah pekerja akan membuat sarang yang terpotong ini dan mengisinya kembali dengan madu.

Pria berumur 50an yang masih nampak segar dan kelihatan lebih muda dari usianya ini masih aktif bertugas di dinas Kehutanan kab. Parigi Moutong.  Pada hari libur, mulai Jum’at sampai hari minggu dia lebih banyak menghabiskan waktu di lokasi budidaya lebahnya di Biromaru ini.  Profesinya sebagai pelatih budidaya lebah madu di kab. Parimo inilah yang membuatnya begitu mengenal karakter budidaya lebah madu.  Disamping itu, Pak Markus juga ahli dalam terapi sengat lebah, banyak pasien yang berhasil disembuhkan penyakitnya dengan terapi sengat lebah ini.

Stasiun TV Nasional TVRI Jakarta sering menayangkan acara yang disyuting di tempatnya pada minggu siang karena banyak permintaan dari pemirsa.   Bagi Anda yang kepingin belajar budidaya lebah madu ini bisa langsung datang saja ke lokasi penangkarannya di Kecamatan biromaru Kab. Sigi Sulawesi Tengah.

20 pemikiran pada “Budidaya Lebah Madu Pak Markus di Kabupaten Sigi

    • pak Henry mohon maaf sy baru jawab pertanyaannya. memindahkan ratu lebah tdk pernah sy masukkan dlm kurungan ratu, sy pakai metode sistem jebakan pada lokasi penangkaran sy. setelah ratu bertelur pada kotak jebakan,semua sarang sy pindahkan pada kotak budidaya dengan cara di ikat menggunakan karet gelang pada sisiran atau frame yang sudah di siapkan. kemudian koloni lebah yang masih tertinggal dalam kotak jebakan di biarkan, sedangkan kotak budidaya yang sudah berisi sarang lebah perlahan-lahan di angkat dan disusun dengan posisi kotak budidaya harus di letakkan diatas kotak jebakan. tunggu 1-2 jam setelah koloni lebah sdh terkumpul semuany pada kotak budidaya, kotak jebakan dapat di pindahkan dan kotak budidaya td dapat di tutup dan disusun sesuai landasanny dan di letakkan di tempat yg telah di siapkan,,, proses pemindahan di sarankan di lakukan pada malam hari agar ratuny tdk terbang.

  1. Saya ingin bertanya Pak…
    Saya punya lebah bersarang yang masih di alam yang bersarang di batang pohon kelapa yang sudah mati, bagaimana cara memindahkan ratu lebah dan lebah2 yang lainnya Pak??
    Mohon penjelasan dari Bapak dan saya mohon balas ke email saya…
    Terima Kasih atas respon yang baiknya….

    • pak yahya mohon maaf pertanyaanny br di jawab,batang kelapa harus di bongkar kemudian pilih sarang yang bagus yang berisi telur ratu dan di pindahkan dengan hati-hati pada sisiran atau frame kemudian di ikat menggunakan karet gelang dan di pindahkan kedalam kotak yg telah di siapkan kurang lebih 2 atau 3 sisiran dan lebah yang berkerumun di sekitar sarang perlahan-lahan di masukkan kedalam kotak budidaya. proses ini dilakukan pada malam hari sekitar pukul stengah 7 malam sampai selesai dan biarkan kotak tersebut disimpan dekat sarang yang di bongkar kurang lebih 1 hari. setelah semua lebah sdh masuk kedalam kotak, pindahkan kotak tersebut pada malam itu juga kurang lebih berjarak 500m jauhnya dari tempat sarang semula.

  2. Salam
    kami punya beberapa koloni tp masih pada kotak biasa
    berapa ukuran stup untuk lebah lokal serta berapa ukuran frame yg hrus dibwat

  3. Salam
    kami punya beberapa koloni tp masih pada kotak biasa
    berapa ukuran stup untuk lebah lokal serta berapa ukuran frame yg hrus dibwat
    mohon bantuanya

    • pak makmun jaya maaf br bisa jawab pertanyaanny, ukuran stup panjang 34cm, lebar 24cm, dan tinggi 17cm. sisiran atau frame disesuaikan dengan ukuran ruang kotak bagian dalam. contoh : jika papan kotak tebalnya 2cm maka ukuran frame bingkai atas panjangny 30cm lebar 2cm dan tinggi 15cm, kemudian bingkai bawah 1x1cm.

    • walaikumsalam ibu Nisa, maaf br jwb pertanyaanny. sarang atau lilin lebah saya jual bila tempat pesanan memungkinkan untuk di kirim. harga per Kg tergantung negosiasi.

  4. salam sy wayan dari bali, sy punya lebah lokal dgn kandang glodok dan sy sudah membuat stup modern mohon bantuan cara detail memindahkan lebah ke stup tsb, trims

    • pak wayan maaf br di jwb pertanyaanny, cara memindahkan koloni lebah sama prosesnya dgn pertanyaan nmor 1 dan 2 bp bs lihat di atas, yg jelas pemindahan koloni lebah harus di lakukan pada malam hari agar ratu lebah tidak terbang.

  5. pak upan pakpahan maaf br jawab pertanyaanny, supaya lebah tidak galak/agresif lakukan pengasapan tapi jangan terlalu banyak, pasti lebahny jinak.

  6. Bagaimana cara memecah koloni yang sudah penuh Pak? saya dulu punya lebah yang semakin banyak (sampai kotaknya tidak muat), maksud saya mau saya jadikan 2 kotak. setelah beberapa minggu koloni di kotak baru kabur. Apa ada cara khusus untuk memecah koloni lebah lokal?

    • Mf saya baru jawab Pak Basuki kalau koloninya sdh banyak pasti akan buat ratu baru dengan membuat mangkokan ratu dipinggir sarang sebelah setelah itu,ratu memasukan telur sbgai calon ratu dan menetas sekitar 21 hr setelah ratu baru tersebut sdh dewasa dan selesai kawin maka koloninya akan memeca atau terbagi, ratu yang baru tiggalkan ratu lama dengan membawa sebagian lebah pekerja untuk membentuk koloni baru . Begitulah cara berkembang biak koloni lebah.

  7. Mau dong di ajari cara budidaya lebah. Kalo boleh sekalian minta beli lebah 1 kotak, untuk di kembangkan di pasangkayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s