Mengapa Pohon Trembesi?

pohon trembesi SBYBeberapa waktu yang lalu penulis sempat bertanya-tanya dalam hati, dengan adanya program penanaman dengan pohon trembesi sebagai tanaman utama.   Sampai-sampai presiden SBY mencanangkan penanaman pohon trembesi.  Loh ,kok Pohon Trembesi yang dijadikan unggulan dalam penghijuan? yaaa pasti ada sebab musababnya, namun keinginan mencari tahu itu lenyap enatah diruang mana karena kesibukan sehari-hari.   Tidak tahu mendapat ilham dari mana tiba-tiba saja rasa ingin tahu itu muncul kembali, dan coba tanya pada om google yang baik hati dengan mengetikkan kata kunci pohon trembesi.  Oohh ternyata Pohon trembesi berkaitan erat dengan isu pemanasan global alias global warning.  Menurut ahli ekologi, pohon ini punya kelebihan dalam menyerap CO2 dibanding pohon lain dengan ukuran sama. Hal ini Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor(IPB), satu Pohon Trembesi mampu menyerap 28.442 kg karbondioksida (CO2) setiap tahunnya.  Karena kemampuan utamanya dalam menyerap CO2 inilah maka pemerintah meluncurkan program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 dengan trembesi sebagai pohon utama untuk ditanam.

sosok pohon trembesi dengan kanopinyaDi Indonesia tanaman pohon ini sering juga disebut sebagai Kayu Ambon (Melayu), Trembesi, Munggur, Punggur, Meh (Jawa) dan Ki Hujan (Sunda), sedang common name-nya adalah Rain Tree, Indian Walnut tree dan Saman Tree.  Sosoknya yang besar menjulang dengan kanopi yang super lebar, membuat tanaman ini mudah dikenali meski dari jarak yang jauh.  Sehingga sangat cocok untuk ditanam di ruang public dengan ruang yang luas.

Namun pohon trembesi juga rakus akan air, sehingga banyak juga yang kontra dengan penanaman pohon ini.   Dimana banyak terjadi di hutan pinus yang membuat warga sekitar hutan kekurangan air.  Kayaknya kalau satu bukit ditanami trembesi semua alias monokultur dan kemudian disebut  hutan trembesi kejadian seperti di hutan pinus mungkin akan terjadi juga.  Tapi kalau ditanam di pinggir jalan perkotaan yaa tidak akan berakibat secara drastic pada lingkungan.

Satu pemikiran pada “Mengapa Pohon Trembesi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s