Situs Cagar Budaya Dato Karama

Situs Cagar Budaya makam Dato Karama adalah sebuah situs Budaya berupa pekuburan tempat di makamkannya seorang tokoh penyebar agama Islam yang pertama di Sulawesi Tengah pada abad17.    Makam ini terletak di Kampung Lere tidak jauh dari Taman Budaya Palu.  Di depan makam ada warung makanan unik ala makassar yang dagingnya serba kuda, ada coto kuda, konro kuda pokoknya serba kuda.    Nama Dato Karama sendiri merupakan gelar yang diberikan oleh khalayak yang artinya seorang dato yang sakti atau keramat.  Nama asli Dato Karama adalah Abdullah Raqie berasal dari Sumatera Barat.  Karena kesaktiannya maka Raja Kabonena I Pue Njidi serta rakyatnya memeluk Agama Islam. Isteri Dato Karama bernama Intje Djille sedangkan anaknya bernama Intje Dongko dan Intje Saribanong, Injte Dongko kawin dengan pemuda dari Sulawesi Selatan. Pada kompleks Makam Datokarama selain makam beliau juga terdapat makam isterinya dan keluarga serta pengikutnya yang terdiri dari 9 (sembilan) makam laki-laki, dan 11 (sebelas) makam wanita serta 2(dua) makam yang tidak jelas, karena nisannya juga tidak jelas.

Untuk menghormati Dato karama ini, seorang pengusaha membiayai pembangunan sebuah Masjid yang terletak di depan SPBU di pantai Kampung Lere bernama Argam Bab Al Rahman yang dibiayai oleh Muhammad Hasan Bajamal, pengusaha sukses yang memiliki sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Palu. Masjid berlantai satu dengan empat menara ini berjarak 30 meter dari bibir pantai.  Sesuai gambar maket, masjid ini seolah-olah mengapung di atas air laut dengan dikelilingi pemandangan Teluk Palu.

Hasan Bajamal mengatakan pembangunan masjid ini adalah untuk mengenang Dato Karama, salah satu penyebar agama Islam di Kota Palu pada abad ke-17. Penyebar Islam dari Tanah Minang, Sumatera, itu pertama kali menginjakkan kaki di Kampung Lere, yakni lokasi di sekitar pembangunan masjid Argam Bab Al Rahman sekarang ini. “Jangan sampai sejarah Dato Karama terkikis zaman,” katanya.  Nama Dato Karama sendiri sudah diabadikan menjadi nama Sekolah Tinggi Agama Islam di Palu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s