Mengapa Dongeng Itu Penting Buat Anak-Anak

Kisah-kisah ajaib yang membuat kita terjaga, ternganga, terpesona, terpedaya sampai malam beranjak pulang.  Karakter-karakter aneh mulai bereinkarnasi ketika kita bermain main dengan khayalan.  Cerita dan dongeng yang dibacakan orang tua sebagian besar untuk menghibur kita atau untuk mempercepat kita tidur, tetapi juga untuk mengajarkan kita sebuah pelajaran dalam alam bawah sadar.  Itu mungkin mengapa kita selalu menyenangi sebuah dongeng meski dengan karakter baru, namun ceritanya pada dasarnya adalah sebuah imaginasi kita sendiri yang ada dalam dunia dongeng, dunia Alice in wonderland dalam diri kita.  Cerita dongeng memang penuh dengan pesona.  Sebagai mantan anak-anak, kita kehilangan diri sendiri dalam dunia yang palsu, dan sesuatu yang magis itu sangat membantu menemukan hilangnya dunia anak.  Dalam dunia yang “dewasa” sesuatu harus masuk akal, perasaan kebingungan, keegoisan, cemburu benci cinta, sepuluh kali lipat lebih kuat dibanding masa kanak-kanak.

Dongeng mengajarkan kita bahwa ada rasa keadilan yang kuat, bahwa orang jahat selalu mendapat hadiah buruk di akhir. Lalu ada bahagia selamanya,  di mana sang putri menemukan cinta sejatinya, dan tentu saja apa yang ada di setiap mimpi gadis kecil … gaun dan mahkota.   Tapi ada yang lebih tersembunyi di bawah selubung tujuan fantastis, yaitu tenunan rumit benang misteri, dari kegilaan, keberanian.  Membayangkan diri kita berjalan di hutan belantara, tanpa bintang, dibayangi kabut awan malam …. dan raungan binatang malam.  Aku melesat di tengah layar putih, pedang di tangan, menampakkan keberanian lelaki menghadapi bajak laut karibia.

Saat orang tua membacakan dongeng, ia adalah taman bermain jiwa pertama kita.  Kita semua telah meminjam sepotong kecil bahwa keberanian, rasa keadilan, atau kelucuan yang ada. Sebagai orang dewasa kita masih tertarik pada dongeng dan cerita peri. Mereka membawa kita kembali ke surga yang aman, tempat di mana kita dapat mengidentifikasi diri dengan aman, berani dan konyol. Mereka adalah bagian dari kita dan mereka tidak akan pergi.

Jadi untuk generasi yang akan datang, janganlah bosan untuk membaca cerita yang sama kepada anak kita.  Kita tahu pentingnya cinderella, putri salju dan mereka yang hidup abadi dalam negeri dongeng. Kita menyambut mereka kembali dalam hidup kita, dalam karakter tradisional atau modern, dan berharap untuk mengambil dari itu perasaan yang sama kita lakukan sebagai seorang anak.  Apakah mereka tidak pantas mendapatkan sesuatu yang telah mengajar kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s