Hutan Mangrove Lompio Yang Hilang di Kabupaten Sigi

Dusun Lompio Kabupaten Sigi jaraknya sekitar 20an Km dari pantai di teluk Palu. Meski jauh dari laut namun uniknya masih ada tegakan mangrove disini.   Adanya tegakan hutan magrove di Dusun Lampio Desa Maranata Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah ini merupakan sebuah rekam jejak masa lalu bahwa dulunya daerah ini adalah pinggiran laut.  Ketinggian daerah ini sekitar 150 mdpl dan menjadi fenomena yang aneh saat ada tegakan mangrove yang masih tersisa. Fenomena hutan mangrove di Lompio ini seakan luput dari perhatian sehingga saat ini sudah banyak tegakan mangrove yang beralih fungsi menjadi sawah atau ladang.  Saat penulis mendatangi dusun lompio ini masih ada beberapa mangrove yang tersisa di lahan persawahan milik penduduk yang baru dibuka seperti gambar di bawah ini.

mangrove dusun lompio SigiAdanya sumber air panas di dekat daerah ini membuat tanah di Dusun Lompio Desa maranata kabupaten Sigi ini sangat subur. Jaringan irigasi teknis juga tersedia sehingga banyak terlihat areal persawahan menghijau dengan tanaman padi dan sayuran.

Pada beberapa tempat lahan persawahan sangat dalam lumpurnya karena bekas lahan rawa-rawa mangrove, sehingga petani harus menggunakan pelampung kayu pada ban traktor tangan saat membajak sawah. sawah-di-LompioMelihat perkembangan pertanian yang begitu pesat di daerah ini, mungkin beberapa tahun lagi kedepan kita tidak akan menjumpai lagi adanya tegakan atau hutan mangrove di Dusun Lompio ini.

Satu pemikiran pada “Hutan Mangrove Lompio Yang Hilang di Kabupaten Sigi

  1. Sekarang Lompio akan dikembalikan lagi menjadi hutan mangrove, sebagai keunikan tersendiri diwilayah kami, khususnya saat ini Dusun 6 Lompio SIAP DIJADIKAN DESA KONSERVASI MANGROVE DARAT
    DESA KONSERVASI LOMPIO
    LOMPIO> DESA BAKAU
    B = Bersih
    A = Aman
    K = Kreatif
    A = Asri
    U = Unik

    itulah slogan kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s